Home » today » Health » 5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan untuk Ringankan Gejala Omicron

5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan untuk Ringankan Gejala Omicron

Jakarta

Honeysuckle benefit COVID-19 variant Omicron semakin bertambah setiap hari, Bunda. Infeksi sangat cepat menyebar dengan gejala yang sangat mirip dengan penyakit flu pada umumnya, Bunda.

COVID-19 varian Omicron dinilai memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan varian COVID-19 terdahulu. Berbeda dengan varian Delta yang lebih ganas, Omicron cenderung mirip seperti flu biasa.

Beberapa gejala yang biasa dialami oleh pasien COVID-19 varian Omicron yaitu batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Gejala tersebut sangat umum dimiliki oleh pasien flu biasa, Bunda.

“Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa,” kata dr Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), pada konferensi pers virtual bertajuk ‘Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron’, Senin (24/1/2022).

Meski sangat mirip dengan flu biasa, COVID-19 varian Omicron punya satu gejala khas yang membedakannya, Bunda. Pasien Omicron biasanya mengalami sakit tenggorokan.

“Sebagian pasien (varian Omicron) melaporkan atau mengeluh (tenggorokan) gatal-gatal. Banyak yang mengeluh tenggorokannya sakit dan biasanya diikuti dengan batuk-batuk kering dan mulai muncul sakit kepala, nyeri-nyeri badan, kemudian ada pilek atau hidung tersumbat, bahkan meler berair,” terangnya pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (4/2/2022).


Apabila Bunda mengalami gejala sakit tenggorokan, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit tersebut:

1. air garam

Air garam memiliki kandungan yang efektif untuk membunuh bakteri. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Meski tak memberi efek secara instan, cara ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

2. Madu

Madu telah dikenal sebagai bahan herbal alami sejak dulu. Kandungan antibakteri di dalamnya mampu menyembuhkan luka dan peradangan, termasuk di tenggorokan.

“Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus,” kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Campurkan dua sendok makan madu ke dalam sgelas air hangat, aduk rata dan minum selagi masih hangat. Bunda juga bisa mencampurkannya ke dalam teh dan mengonsumsinya beberapa kali dalam sehari.

Selain air garam dan madu, masih ada 3 bahan mujarab lainnya yang mampu meredakan sakit tenggorokan. LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, saksikan juga video tentang fakta seputar Omicron di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm)




Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.